Karapan Sapi PANGLIMA TNI CUP, Tim Rampak Naong Ilzam Musholeh Raih Juara 2 Atas

Karapan Sapi PANGLIMA TNI CUP, Tim Rampak Naong Ilzam Musholeh Raih Juara 2 Atas

Sabtu, 02 September 2023, 9:55 PM

 

Tim Rampak Naong Ilzam Musholeh saat meraih Juara 2 Atas pada Karapan Sapi piala PANGLIMA TNI CUP di Bangkalan. Sabtu, (2/9/2023).
Foto: istimewa

JurnalReportase.com, Bangkalan - Karapan Sapi bertajuk "Perang Mega Bintang" PANGLIMA TNI CUP digelar di Stadion Karapan Sapi RP. Moh Noer Kabupaten Bangkalan, Madura. Sabtu, (2/9/2023).


Ajang adu balap sapi yang merupakan tradisi dan budaya masyarakat Madura ini diikuti sebanyak 96 pasang sapi kerap yang terbagi atas 2 kategori, yaitu kategori sapi besar dan kategori sapi kecil.


Tidak hanya dari 4 Kabupaten yang ada di Madura, peserta yang mengikuti juga berasal dari beberapa Kabupaten di Jawa Timur diantaranya, Banyuwangi, Probolinggo, Situbondo dan Jember.


Karapan sapi ini digelar selama 2 hari, untuk kategori sapi besar digelar pada hari ini, sabtu, 2 September 2023 dan untuk kategori sapi kecil akan digelar besok, Minggu, 3 September 2023.


Yang menarik, 2 kategori ini sama-sama akan memperebutkan juara atas dan juara bawah.

Untuk kategori sapi besar, juara 1 atas dan juara 1 bawah akan mendapatkan hadiah utama 1 unit mobil.

Sedangkan untuk kategori sapi kecil, juara 1 atas dan juara 1 bawah akan mendapatkan hadiah utama 1 buah sepeda motor.


Berlangsung meriah, gelaran ini menjadi tontonan yang menarik untuk masyarakat Madura. Selain gratis tiket masuk, panitia juga menyiapkan doorprize dengan hadiah yang luar biasa untuk para penonton, mulai dari sepeda motor, sepeda gunung, kulkas, televisi dan banyak hadiah menarik lainnya.


Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf menyampaikan bahwa gelaran ini merupakan wujud kecintaan Panglima TNI kepada masyarakat Madura.


"Ini adalah bentuk kencintaan Panglima TNI terhadap budaya yang ada di nusantara, termasuk budaya yang ada di Madura. Ini harus kita lestarikan bersama", ucapnya


Selain bertujuan untuk pelestarian budaya, gelaran ini juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di Kabupaten Bangkalan, disekitar Stadion sudah disediakan stand-stand UMKM untuk masyarakat untuk memperkenalkan produk dan menjual barang dagangan.


Dalam gelaran perlombaan Karapan Sapi untuk Juara Atas kategori sapi besar kali ini, Juara 1 diraih oleh Tim Sernaser milik H. Rudi asal Pamekasan, Juara 2 diraih Tim Rampak Naong milik Ilzam Musholeh asal Bangkalan dan Juara 3 diraih Tim Moncong Kecil milik Zidan asal Bangkalan.


Sementara untuk Juara Bawah, Juara 1 diraih Tim Diva Jalesveva Jayamahe milik Panglima TNI. Juara 2 diraih milik Tim Stell Balap milik Abiem asal Sampang dan Juara 3 diraih Wiratama Bhayangkara milik Ivans Drajat asal Sampang.


Ilzam Musholeh, pemilik sapi kerap bernama Rampak Naong yang meraih Juara 2 Atas berharap tradisi dan budaya Madura khususnya karapan sapi ini bisa terus terjaga dan lestari.


"Alhamdulillah, Tim Rampak Naong meraih Juara 2 pada karapan kali ini, semoga berikutnya bisa lebih baik".


"Terimakasih atas penyelenggaraan ini, semoga tradisi yang merupakan warisan budaya Madura ini terus terjaga dan lestari", ucap Ilzam yang saat ini juga berikhtiar untuk mengabdi kepada masyarakat Madura sebagai Calon DPR-RI Dapil Madura dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

TerPopuler